Istanagaruda.id – kesehatan adalah faktor utama dalam menentukan kesejahteraan masyarakat baik secara fisik, mental, dan sosial. Kesehatan merupakan bagian penting manusia yang membuat hidup produktif dan lebih baik. Namun semua hal tersebut tentu harus diwujudkan dengan adanya upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi semua kalangan di masyarakat.
Meningkatkan pelayanan kesehatan diberikan kepada pasien oleh tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, bidan, apoteker, dan lainnya. Pelayanan kesehatan harus menjadi jaminan yang diberikan oleh negara, komunitas dan individu kepada masyarakat.
Sistem pelayanan kesehatan yang efisien berkontribusi pada ekonomi, pembangunan dan industrialisasi suatu negara.
Tujuan utama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan adalah terselenggaranya upaya kesehatan yang bermutu menjamin terjangkau, dan tercapainya pembangunan kesehatan guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang optimal.
Jenis-Jenis Pelayanan Kesehatan
Pelayanan kesehatan yang akan diberikan kepada masyarakat terdapat 2 (dua) jenis, yaitu:
1. Pelayanan Kedokteran
Pelayanan kedokteran adalah pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan pasien baik perseorangan dan keluarga. Pelayanan kedokteran dapat diberlakukan di Rumah sakit, Puskesmas, Klinik dan Balai Kesehatan.
2. Pelayanan Masyarakat
Pelayanan Masyarakat adalah suatu kegiatan jasa pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan hak atas suatu barang atau jasa yang diberikan oleh penyelenggara negara.
Hal ini dilakukan untuk meningkatkan berbagai pelayanan yang berada dalam masyarakat. Pelayanan diberikan oleh tenaga kesehatan dengan meningkatkan pada aspek promosi, penegakan diagnosis, rehabilitas dan perawatan jangka panjang.
Meningkatkan Pelayanan Kesehatan
Meningkatkan pelayanan kesehatan melalui berbagai cara yaitu meningkatkan infrastruktur, proses pelayanan dan memanfaatkan teknologi.
- Meningkatkan infrastruktur, peningkatan berupa pembangunan rumah sakit, klinik dan kesehatan medis. Pembangunan infrastruktur bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan.
- Proses pelayanan kesehatan, proses ini dilakukan bertujuan untuk memulihkan, mencegah, dan menyembuhkan penyakit suatu perseorangan, keluarga dan masyarakat.
- Memanfaatkan Teknologi, dengan pemanfaatan teknologi tidak hanya memberikan kemudahan terhadap tenaga medis, tetapi juga terhadap pelayanan pasien. Hal ini dilakukan untuk mempermudah komunikasi antara tenaga medis dengan pasien guna menyampaikan informasi secara akurat.
Bentuk-Bentuk Pelayanan Kesehatan
- Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama
Pelayanan kesehatan tingkat pertama adalah pelayanan kesehatan dasar yang diberikan oleh puskesmas, klinik dan dokter umum. Jenis pelayanan kesehatan pada tingkat pertama adalah pemeriksaan rutin, vaksinisasi, pengelolaan umum dan berobat jalan.
- Pelayanan Kesehatan Tingkat Kedua
Pelayanan kesehatan tingkat kedua adalah pelayanan yang bersifat spesialis dan subspesialis. Fasilitas yang diberikan pada tingkat kedua adalah rumah sakit tipe c dan fasilitas rumah sakit tipe d.
Pelayanan kesehatan pada tingkat kedua dilakukan oleh dokter spesialis dan dokter subspesialis terbatas untuk masyarakat.
- Pelayanan Kesehatan Tingkat Ketiga
Pelayanan kesehatan tingkat ketiga adalah pelayanan kesehatan yang diberikan oleh dokter subspesialis dan subspesialis luas. Pelayanan ini dilakukan oleh guna menangani pelayanan yang tidak dapat diberikan oleh pelayanan sekunder.
Dikarenakan pelayanan tingkat ketiga merupakan pelayanan lanjutan yang memerlukan perlengkapan medis lengkap.
Dengan berbagai jenis pelayanan kesehatan akan diberikan oleh penyelenggara menjamin kesehatan baik oleh teknologi maupun memanfaatkan sistem manajemen yang canggih.
Penulis: Isma Nazwa Firmansyah
Editor: Haqqi Idral
Leave a comment